kenali tanda dan gejala katarak


Katarak

Lensa kristal alami mata membantu kita fokus pada orang dan benda pada jarak yang berbeda-beda. Sayangnya, seiring bertambahnya usia lensa ini sering menjadi kaku dan mengeras, dan tanpa kelemahlembutannya, lensa ini kehilangan kemampuannya untuk fokus, menciptakan masalah penglihatan. Kondisi ini - untuk sebagian besar, konsekuensi alami dari penuaan - disebut presbiopia.

Seiring bertambahnya usia, perubahan yang terjadi pada lensa kristal alami ini dapat menyebabkan perkembangan katarak, atau hilangnya kejernihan lensa. Karena lensa tidak lagi fleksibel atau sejelas dulu, mata tidak dapat memfokuskan cahaya dengan benar.

Apa Penyebab Katarak?

Walaupun katarak dapat terjadi akibat penyakit mata lainnya, sebagian besar berkembang secara alami seiring bertambahnya usia. Bahkan, pada usia 65 tahun, banyak dari kita akan menderita katarak.

Ada juga penyebab katarak yang kurang umum, termasuk faktor keturunan, cacat lahir, penyakit kronis seperti diabetes, penggunaan obat steroid yang berlebihan, dan cedera mata tertentu.

Gejala Katarak

Pada awalnya, gejalanya mungkin tidak terdeteksi atau sangat sedikit. Namun, perubahan apa pun yang terlihat dalam penglihatan dapat menyebabkan kekhawatiran, dan harus diperhatikan oleh profesional perawatan mata. Gejala umum katarak meliputi:

  • mata berawan atau kabur
  • Sensitivitas terhadap cahaya dan cahaya
  • Perubahan resep yang sering dilakukan untuk kacamata atau lensa kontak
  • Penglihatan berubah dan meredup
  • Penglihatan ganda dalam satu mata
  • Perawatan untuk Katarak
Cara penanganan katarak yang disarankan oleh Artria:


Meskipun tidak ada cara untuk mencegah katarak, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk memperlambat pembentukan katarak. Faktor-faktor yang dapat dimodifikasi yang meningkatkan risiko katarak termasuk merokok, tekanan darah tinggi, obesitas, dan asupan alkohol yang berlebihan. Anda juga dapat memperlambat pembentukan katarak dengan melindungi mata Anda dari sinar matahari langsung.

Pada tahap awal katarak, penglihatan mungkin sedikit ditingkatkan menggunakan bentuk koreksi visual. Namun, pada tahap selanjutnya, operasi mungkin diperlukan. Untungnya, operasi telah terbukti sangat berhasil dalam menghilangkan katarak. Selama operasi katarak, dokter Anda akan mengganti lensa alami Anda dengan IOL.

Subscribe to receive free email updates: