Chalazion: Penyebab, Faktor Risiko, dan Gejala


Kalazion adalah benjolan kecil, biasanya tidak nyeri, atau bengkak yang muncul di kelopak mata Anda. Kelenjar meibomian atau minyak yang tersumbat menyebabkan kondisi ini. Ini dapat berkembang pada kelopak mata atas atau bawah, dan dapat menghilang tanpa perawatan. Chalazia adalah istilah untuk banyak chalazion.

Chalazion terkadang dikacaukan dengan lapisan internal atau eksternal. Tembel internal adalah infeksi pada kelenjar meibom. Tembel eksternal adalah infeksi di area folikel bulu mata dan kelenjar keringat. Sty biasanya menyakitkan dan chalazia biasanya tidak. Chalazia dapat berkembang setelah styes.

Anda harus mengunjungi dokter mata  jika Anda berpikir Anda memiliki chalazion, terutama jika itu menghalangi penglihatan Anda atau jika Anda pernah memiliki chalazia di masa lalu.

Penyebab dan faktor risiko
Chalazion disebabkan oleh penyumbatan di salah satu kelenjar meibom kecil pada kelopak mata atas dan bawah. Minyak yang dihasilkan kelenjar ini membantu melembabkan mata.

Peradangan atau virus yang memengaruhi kelenjar meibom adalah penyebab utama chalazia. Menurut Artria Chalazia lebih sering terjadi pada orang dengan kondisi peradangan seperti seborrhea, jerawat, rosacea, blepharitis kronis, atau radang mata jangka panjang. Mereka juga lebih umum pada orang dengan konjungtivitis virus atau infeksi yang menutupi bagian dalam mata dan kelopak mata.

Chalazia yang berulang atau tidak biasa mungkin merupakan gejala dari kondisi yang lebih serius, tetapi ini jarang terjadi.

Gejala
Chalazion biasanya muncul sebagai benjolan yang tidak nyeri atau bengkak di kelopak mata atas atau bawah Anda. Chalazia dapat mempengaruhi kedua kelopak atas dan bawah dan dapat terjadi pada kedua mata pada saat yang bersamaan. Tergantung pada ukuran dan lokasi chalazion, itu mungkin mengaburkan atau menghalangi penglihatan.

Meskipun tidak lazim, chalazion mungkin berwarna merah, bengkak, dan nyeri jika ada infeksi.

Diagnosa
Dalam kebanyakan kasus, dokter dapat mendiagnosis kondisi ini dengan memperhatikan benjolan di kelopak mata Anda. Dokter Anda juga akan bertanya tentang gejala Anda untuk menentukan apakah benjolan tersebut adalah chalazion, stye, atau yang lainnya.

Pengobatan
Beberapa chalazia dapat hilang tanpa perawatan. Jika dokter Anda merekomendasikan pengobatan, opsi dapat mencakup:

Perawatan rumah
Pertama, jangan mencoba meremas chalazion. Paling baik jika Anda menyentuhnya sesedikit mungkin.

Sebagai gantinya, Anda harus mengompres hangat ke kelopak mata Anda empat kali sehari selama sekitar 10 menit setiap kali. Ini bisa mengurangi pembengkakan dengan melunakkan minyak di kelenjar yang tersumbat. Pastikan Anda mencuci tangan sebelum menyentuh area.

Dokter Anda mungkin juga memberi tahu Anda untuk memijat benjolan dengan lembut beberapa kali sehari atau untuk menggosok kelopak mata Anda. Dokter Anda mungkin juga meresepkan obat tetes mata atau krim kelopak mata.

Perawatan medis
Jika chalazion tidak hilang dengan perawatan di rumah, dokter Anda dapat merekomendasikan suntikan kortikosteroid atau prosedur bedah. Baik injeksi dan operasi adalah perawatan yang efektif. Pilihan perawatan tergantung pada beberapa faktor yang berbeda. Dokter Anda akan menjelaskan manfaat dan risikonya.

Mencegah chalazion
Tidak selalu mungkin untuk menghindari mendapatkan chalazion. Ini terutama benar jika Anda rentan terhadap masalah mata jenis ini. Tetapi ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah kondisi ini:
  • Selalu cuci tangan Anda sebelum menyentuh mata Anda.
  • Pastikan segala sesuatu yang bersentuhan dengan mata Anda, seperti lensa kontak dan kacamata, bersih.
  • Jika Anda memiliki kondisi yang meningkatkan peluang Anda untuk mengembangkan chalazia, ikuti instruksi dokter Anda untuk membantu mengendalikannya.

Subscribe to receive free email updates: