Peran Dokter Gigi







Peran Dokter Gigi
Dokter gigi adalah dokter yang berspesialisasi dalam kesehatan mulut. Tanggung jawab mereka meliputi:

Mendiagnosis penyakit mulut.
Artria merekomondasikan atas kesehatan mulut dan pencegahan penyakit.
Membuat rencana perawatan untuk mempertahankan atau mengembalikan kesehatan mulut pasien mereka.
Menafsirkan x-ray dan tes diagnostik.
Memastikan pemberian anestesi yang aman.
Memantau pertumbuhan dan perkembangan gigi dan rahang.
Melakukan prosedur bedah pada gigi, tulang dan jaringan lunak rongga mulut.
Pengawasan dokter gigi terhadap tim klinis sangat penting untuk memastikan perawatan mulut yang aman dan efektif. Bahkan prosedur yang tampaknya rutin seperti pencabutan gigi, menyiapkan dan menempatkan tambalan atau pemberian anestesi membawa risiko potensial komplikasi seperti infeksi, kerusakan saraf sementara atau bahkan permanen, perdarahan berkepanjangan, hematoma, dan rasa sakit.

Lebih dari Hanya Gigi dan Gusi
Area perawatan dokter gigi meliputi tidak hanya gigi dan gusi pasiennya tetapi juga otot-otot kepala, leher dan rahang, lidah, kelenjar air liur, sistem saraf kepala dan leher dan area lainnya. Selama pemeriksaan komprehensif, dokter gigi memeriksa gigi dan gusi, tetapi mereka juga mencari benjolan, pembengkakan, perubahan warna, ulserasi - segala ketidaknormalan. Bila sesuai, mereka melakukan prosedur seperti biopsi, tes diagnostik untuk penyakit kronis atau infeksi, fungsi kelenjar ludah, dan tes skrining untuk kanker mulut.

Selain itu, dokter gigi dapat menemukan tanda-tanda peringatan dini di mulut yang dapat mengindikasikan penyakit di tempat lain di tubuh. Pelatihan dokter gigi juga memungkinkan mereka untuk mengenali situasi yang memerlukan rujukan pasien untuk dirawat oleh spesialis gigi atau dokter.

Pendidikan dan Pelatihan Klinis
Tingkat pendidikan dan pelatihan klinis yang diperlukan untuk mendapatkan gelar dokter gigi, dan standar akademik yang tinggi dari sekolah kedokteran gigi, setara dengan sekolah kedokteran dan sangat penting untuk mempersiapkan dokter gigi untuk praktik perawatan kesehatan mulut modern yang aman dan efektif.

Sebagian besar mahasiswa kedokteran gigi telah mendapatkan gelar Bachelor of Science atau yang setara, dan semua telah lulus ujian masuk yang ketat.

Kurikulum selama dua tahun pertama sekolah kedokteran gigi dan kedokteran pada dasarnya sama - siswa harus menyelesaikan kursus ilmu biomedis seperti anatomi, biokimia, fisiologi, mikrobiologi, imunologi dan patologi. Selama dua tahun kedua, kursus siswa kedokteran gigi berfokus pada praktik klinis - mendiagnosis dan mengobati penyakit mulut. Setelah mendapatkan gelar sarjana dan kedokteran gigi (delapan tahun untuk sebagian besar) banyak dokter gigi melanjutkan pendidikan dan pelatihan mereka. Beberapa melanjutkan untuk mencapai sertifikasi dalam spesialisasi gigi.

Pada pemeriksaan Anda, dokter gigi Anda dapat:

lakukan pemeriksaan penuh mulut, gigi dan gusi Anda
tanyakan tentang kesehatan umum Anda dan masalah yang Anda alami dengan gigi, mulut, atau gusi sejak kunjungan terakhir Anda
tanyakan tentang dan berikan saran tentang diet Anda, merokok dan minum
tanyakan tentang kebiasaan membersihkan gigi Anda dan berikan saran tentang cara yang paling tepat untuk menjaga kesehatan mulut, gigi, dan gusi Anda
jelaskan segala risiko, serta biaya perawatan gigi , dari semua perawatan yang mungkin Anda butuhkan
diskusikan dengan Anda kapan kunjungan Anda berikutnya
Banyak dari kita sudah terbiasa pergi ke dokter gigi setiap enam bulan tetapi Anda mungkin perlu lebih sering atau kurang sering daripada ini tergantung pada seberapa sehat mulut dan gigi Anda. Dokter gigi Anda harus berbicara kepada Anda tentang kapan Anda harus membuat janji temu berikutnya.

Jika Anda memiliki masalah dengan gigi Anda di antara pemeriksaan, hubungi praktik gigi Anda untuk membuat janji sebelumnya.

Rencana perawatan gigi
Jika dokter gigi Anda merekomendasikan perawatan gigi Band 2 atau Band 3, Anda akan diberikan rencana perawatan gigi pribadi (PDF, 19kb) terlebih dahulu. Ini menguraikan semua perawatan yang Anda lakukan di NHS dan berapa biayanya. Jika Anda tidak diberi rencana perawatan, tanyakan satu. Rencana perawatan biasanya tidak diberikan untuk perawatan gigi Band 1, tetapi Anda dapat memintanya jika mau.

Jika dokter gigi Anda mengatakan bahwa Anda memerlukan jenis perawatan tertentu, Anda tidak boleh diminta untuk membayarnya secara pribadi. Di mana opsi pribadi alternatif telah didiskusikan, maka opsi itu harus dicantumkan pada rencana perawatan Anda. Rincian terpisah dari setiap perawatan pribadi dan biaya terkait - biasanya pada bentuk yang sama dengan rencana perawatan NHS Anda - harus selalu diberikan secara tertulis sebelum Anda berkomitmen untuk itu. Jika ini tidak dilakukan, segera tanyakan ini dengan latihan atau buat keluhan resmi .

Anda akan diminta untuk menandatangani paket dan Anda akan diberikan salinannya untuk disimpan.

Jika Anda tidak senang menyetujui rencana perawatan Anda atau menandatanganinya, Anda memiliki hak untuk mengatakan tidak kepada semua atau salah satu perawatan yang disarankan. Anda juga berhak mencari pendapat kedua dari dokter gigi lain. Namun, Anda harus membayar biaya Band 1 lainnya untuk konsultasi baru ini.

Jika Anda memutuskan untuk tidak melanjutkan dengan opsi perawatan tertentu, beri tahu dokter gigi Anda. Demikian juga dokter gigi harus memberi tahu Anda tentang perubahan yang perlu pada rencana perawatan. Dokter gigi mungkin menyarankan perawatan yang berbeda kadang-kadang pada penyelidikan lebih lanjut atau karena perubahan kesehatan mulut Anda setelah penilaian awal.

Setiap perubahan pada perawatan harus didiskusikan dan disetujui bersama Anda. Jika dokter gigi Anda mencoba mengubah perawatan tanpa persetujuan Anda, segera tanyakan hal ini dengan praktik atau buat keluhan resmi .

Subscribe to receive free email updates: